Selasa, 18 Desember 2012

Cara Menyelamatkan Laptop dari Kerusakan Cairan

Jika Anda menumpahkan , air soda, anggur, kopi, atau cairan lain saat mengetik di keyboard Anda, Anda akan membayar mahaluntuk memperbaiki cairan-akhir yang tumpah ke komputer Anda dari ke tidak sengajaan anda , yang meneteskan beberapa atau menjatuhkan air gelas. Jika hal ini terjadi, jangan panik. Sebaliknya, ikuti petunjuk sederhana secepat yang Anda bisa mencoba untuk menyelamatkan komputer Anda.

     
  • Mematikan! Segera keluarkan baterai, adaptor A / C, dan cabut perangkat setelah tumpahan. Bahaya terbesar pada awalnya adalah perangkat korslet keluar. Kegiatan elektrolitik menggabungkan listrik dan cairan akan mulai segera setelah kontak cairan sirkuit bertenaga sehingga menghilangkan daya dan baterai segera sangat penting.



  •  Lepaskan semua perangkat eksternal.




 

  • Putar dan balik segera untuk menghentikan cairan masuk lebih dalam ke mesin.

  • Bersihkan setiap bagian dari tumpahan Anda bisa lihat.  
  • Gunakan handuk kertas atau bahan penyerap yang bebas serat.
  •  Periksa keyboard. Beberapa keyboard yang dirancang untuk melindungi internal dari cairan:

  • Tuangkan cairan yang terkandung dalam ke dalam keyboard.
  • Angkat dan bersihan keyboard dengan cara membuka  
  • Menyeka tumpahan.. Ini mungkin termasuk layar, tombol pada keyboard, dan tombol apapun.  Gunakan, sedikit dibasahi, bersih kain.
 
  • Melindungi diri dari listrik statis. Listrik statis dapat tegangan sangat tinggi.  Debit statis dari tangan dan tubuh Anda dapat merusak bahkan komputer kering.


       
  • Bongkar keyboard ini. Jika Anda tidak bisa sampai ke seluruh tumpahan, maka mungkin perlu untuk membuka semua spare part laptop. Beberapa tumpahan dapat mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan korosi pada papan sirkuit internal. 
  • Jika Anda tidak nyaman mengambil perangkat terpisah, kemudian mendapatkannya untuk seseorang yang, sesegera mungkin.
  • Tarik hard drive untuk melindungi data Anda.
  • Lepas semua perangkat yang tersambung yang Anda bisa.
  •  Menghilangkan residu kering.  Gunakan sikat gigi atau kain lembut untuk menghilangkan residu kering dari non-noda air seperti cola atau kopi.  Meniup residu pergi dengan udara terkompresi, atau gunakan vacuum cleaner dengan pengaturan daya yang dapat disesuaikan atau katup bypass untuk memastikan upaya lembut dibuat untuk menghilangkan residu ketika telah dikeringkan menjadi bubuk.
  • Bilas residu. Jika Anda menumpahkan apa-apa selain air di laptop, membilasnya bersih akan menjadi bagian yang paling dramatis. Ada beberapa cara untuk membilas mesin Anda, tergantung pada jenis tumpahan, dan berapa banyak risiko Anda bersedia untuk mencoba.


  • Pikirkan tentang apa yang telah tumpah di / di komputer Anda, dan menentukan apakah itu larut dalam air atau petro-kimia berbasis. Dalam kasus air, mantan deionisasi akan bekerja dengan baik.  Jika itu adalah berminyak, dll, kemudian bilas dengan alkohol didenaturasi, dan kemudian bilas dengan air deionisasi.
  • Bilas dengan air.  Mengambil komponen yang memiliki residu (tumpahan segar atau tumpahan lama cola) dan bilas di bawah keran.  Kebanyakan papan sirkuit dan mirip non-bergerak komponen menangani air sumur, asalkan mereka tidak didukung.  Beberapa komponen internal dengan bagian yang bergerak tidak dapat menangani air sumur, misalnya, penggemar dan CD / DVD drive.
  • Bilas dengan air deionisasi atau suling. . Banyak orang lebih memilih untuk membilas dengan air adeionisasi atas air keran. Air biasa akan meninggalkan korosi yang dapat menyebabkan arus pendek listrik, tapi air deionisasi akan bilas bersih, kering, dan tidak meninggalkan apa-apa di belakang.
  • Jangan terlalu terbawa membilas mesin Anda.  Air dan laptop tidak campuran, baik.  Bilas sebanyak yang Anda butuhkan untuk, dan tidak lebih. . Hati-hati menggunakan air yang berlebihan.
  • Biarkan kering. Yakinkan bahwa semua bagian benar benar kering sebelum Anda melanjutkan. Seperti membilas, ada teori yang berbeda pada pengeringan.




  • Kering secara alami. Prop mesin atas, jauh dari permukaan, sehingga udara dapat bersirkulasi di dalam dan sekitar seluruh unit. Biarkan mesin kering selama 24 sampai 48 jam. Sementara itu mengering, menempatkan baterai laptop dalam mangkuk beras
  • Keringkan dengan panas cahaya. Tempatkan dek Anda pada radiator hangat atau di atas ambang hangat atau rak - dari sinar matahari langsung - atau dekat sumber lain kehangatan. Jangan gunakan tingkat tinggi panas, sumber hanya cukup hangat panas. Biarkan mengering selama 12 jam, atau lebih. Sebuah Dehumidifier terdekat dapat meningkatkan waktu pengeringan. Panas tinggi akan mendorong kelembaban dan kelembaban jauh ke dalam perangkat dan akan memastikan masalah yang sedang berlangsung sebagai kelembaban yang menyebabkan oksidasi dan korosi
  • Jangan gunakan hair dryer, karena hal ini akan menimbulkan masalah statis dan mengisi mesin Anda dengan kontaminan lebih dan debu. Sebuah pengering rambut pada pengaturan tinggi juga bisa mencairkan sebagian komponen plastik. Dalam kasus yang ekstrim pengering rambut akan mendorong kelembaban lebih dalam sirkuit dan komponen dan kelembaban yang akan mengoksidasi dan membuat sambungan beban kapasitif di bawah dan di dalam sirkuit terpadu dan konektor, akhirnya menyebabkan kegagalan perangkat. Cara terbaik untuk menghapus semua kelembaban sisa adalah sabar menarik itu pergi dengan penyedot debu yang diadakan di atas area yang terkena sampai 20 menit di setiap daerah dapat diakses, karena telah dihapus sebagian besar cairan dan kelembaban secara manual dan dikeringkan semua kelembaban terlihat dengan tangan , sehingga tidak ada yang masuk penyedot debu. Metode ini adalah lebih baik untuk meninggalkan hingga kering secara alami karena menghentikan oksidasi apapun dari terjadi jauh di dalam komponen permukaan gunung kecil dan koneksi, yang dapat mengakibatkan masalah di kemudian hari.
  
 
  • Bersihkan dengan pelarut. Sebuah kedua bilas dengan pembersih berbasis pelarut yang direkomendasikan oleh beberapa, dan dibenci oleh orang lain. Disarankan jika unit telah duduk cukup lama untuk tunduk terhadap korosi dan oksidasi sebelum perbaikan dan pembersihan dicoba. Selalu gunakan sarung tangan dan memastikan ventilasi kamar yang baik ketika menangani setiap pembersih berbasis pelarut atau alkohol karena beberapa yang dikenal karsinogen.
 
 
  • Jika Anda menduga bahwa Anda pertama kali bilas tidak menghapus semua residu, bahan kimia yang bilas semacam ini mungkin sepadan dengan risikonya. Keuntungan dari seperti bilas adalah: hanya ada satu substansi untuk menerapkan dan menghapus, bahwa substansi, biasanya, menguap, waktu pengeringan yang lama tidak diperlukan. Kelemahannya adalah bahwa, jika Anda menggunakan pelarut yang salah, Anda benar-benar dapat melarutkan komputer Anda 
  • Membeli dan menggunakan 99% (tidak 90%) isopropil alkohol. Jangan pernah menggunakan bensin atau aseton untuk membersihkan bagian-bagian komputer.
  • Menggunakan kapas swab dan / atau sikat gigi yang lembut, hati-hati menggosok atau menghapus setiap komponen dari papan, sampai bersih.
     
  • Cobalah remover fluks, semprot-on dapat tersedia di toko-toko elektronik, daripada isopropil alkohol.
     
  • Kerusakan tidak terjadi ketika laptop menjadi basah, kerusakan terjadi ketika arus dari sirkuit pendek baterai karena air yang benar-benar dapat menempatkan Anda keluar seratus dolar beberapa. Pastikan laptop benar-benar kering sebelum menyalakannya lagi.
 
 

  •  Menempatkan laptop kembali bersama-sama, dan mengujinya untuk melihat apakah itu bekerja.
 
 

  • Jika laptop tidak menyala, bawa ke pusat layanan pelanggan
 
 
  •  Tips
  

  1. Cobalah mematikan dan lagi, pertama. 
  2. Tumpahan paling mudah dapat dihindari. Jauhkan komputer Anda dari makanan dan cairan.
  3. Mengatur Opsi Daya laptop Anda untuk Melakukan apa-apa bila Anda menutup tutupnya. Sementara kopi akan disajikan, Anda bisa menutup tutup untuk menjaga terhadap tumpahan merusak. Dengan cara ini, ketika Anda membuka kembali, Anda tidak perlu memasukkan kembali sandi. Juga, ketika Anda men-download Anda mungkin ingin tutup tanpa sistem mematikan. Menutup tutup akan selalu mematikan layar, independen dari pengaturan perangkat lunak, untuk menghindari overheating dan untuk menghemat energi.
  4. Beberapa perusahaan memiliki ketentuan tumpahan dalam jaminan mereka, tidak akan sakit untuk memeriksa sebelum melepas kasus ini. Produsen beberapa seketika akan membatalkan garansi saat mereka merasa ada bukti bahwa komputer telah dirusak dengan oleh teknisi yang tidak sah atau penyedia layanan. Mereka menyimpan database menyeluruh ketika mesin dibawa ke pusat layanan resmi. Jika sistem telah dirusak, dan tidak ada catatan dari layanan sebelumnya, produsen tidak dapat menutupi perbaikan.
  5. Produsen biasanya bersedia untuk membongkar dan mendiagnosis sistem yang rusak cair untuk biaya nominal, tergantung pada siapa mereka telah dikontrak untuk memberikan perbaikan untuk model Anda dari komputer. Panggilan untuk dukungan teknis produsen Anda akan memberikan semua rincian.
  6. Anda dapat membeli 'asuransi notebook' penggantian total untuk mesin secara tahunan cukup murah (setidaknya sampai itu terdepresiasi cukup untuk tidak repot-repot dengan). Jangan membeli garansi diperpanjang atau 'pengganti' kontrak di toko kecuali Anda telah berbelanja harga on-line. Anda juga harus menyadari bahwa "pihak ketiga" jaminan akan sering hanya mencakup perbaikan yang dilakukan "di rumah", dan bukan perbaikan yang hanya tersedia melalui produsen. Dalam beberapa kasus, "di rumah" perbaikan akan menggunakan bagian-bagian yang tidak disetujui oleh produsen dan akan membatalkan kelayakan Anda untuk memperpanjang garansi dengan produsen.
  7. Menghapus kasus pada kebanyakan laptop tidak mudah. Biasanya, Anda harus menghapus semua sekrup. Sekrup kecil dan akan seluruh tempat. Periksa sekrup di luar, tentu saja, tetapi juga dalam kompartemen internal, seperti, di belakang baterai atau di bawah label.
  8. Jangan pernah memaksa kasus off, atau Anda akan merusak plastik atau menekuk logam. Jika kasus tersebut tidak datang dengan mudah, mencari sekrup lebih.
  9. Sekrup kasus mungkin sekrup bintang, dalam hal ini Anda akan memerlukan benar-berukuran, set obeng bintang.
  10. Jika ada sekrup yang berbeda dalam casing, maka Anda dapat membuat gambar tata letak di atas kertas, dan tape sekrup setiap gambar. Dengan cara ini Anda tidak akan ragu-ragu tentang apa yang terjadi di mana ketika Anda meletakkan semuanya kembali bersama-sama.
  11. Jika memungkinkan, mencoba untuk mengambil video dari proses membongkar keseluruhan. Memahami orientasi dan penempatan kabel dan kurung adalah penting. Hanya dibutuhkan satu sekrup meninju melalui kabel atau pita untuk menggoreng papan sirkuit seluruh.
  12. Mencari layanan manual atau manual pemeliharaan perangkat keras untuk laptop khusus Anda pada situs web produsen. Panduan ini dapat memberitahu Anda, langkah demi langkah, bagaimana membongkar laptop Anda.
  13. Sadarilah bahwa laptop sering dirancang dengan komponen kustom dan koneksi yang bervariasi oleh produsen. Sebuah komponen yang dapat digeser ke tempatnya, dan ditahan di sana oleh sekrup pada satu model, mungkin perlu untuk memiliki penutup dihapus, dan braket retensi seluruh melonggarkan pada model lain. 
  14. Ketika mengeringkan komputer, memungkinkan udara bersirkulasi di sekitar mesin, dengan menopang itu jauh dari permukaan, sehingga udara bisa mendapatkan di bawah ini. Biarkan beberapa hari kering untuk keselamatan.
  15. Periksa toko ikan tropis untuk tablet untuk deionize air.
  16. Air deionisasi sering digunakan dalam industri semikonduktor, karena air keran mengandung ion banyak atau kotoran kimia yang dapat meninggalkan residu pada komponen elektronik yang sangat sensitif.
  17. Pertimbangkan membeli "tumpahan disengaja" garansi, jika Anda tahu Anda akan berada di sekitar cairan sering. Ini dapat menambahkan beberapa ratus dolar dengan harga pembelian laptop Anda, tetapi akan jauh lebih murah daripada harus membeli yang baru.
  18. Beberapa perusahaan menjual sampul keyboard / membran untuk laptop. Itu tidak mengambil sedikit membiasakan diri, dan Anda harus muncul sensitivitas tombol, tetapi tidak memungkinkan untuk mendapatkan tumpahan antara tombol.
  19. Beberapa perusahaan juga menjual laptop rompi dan jaket laptop. Rompi adalah penutup cahaya yang hanya melindungi bagian atas dan bawah dari sebuah laptop dari goresan (satu model datang dengan pegangan) sedangkan ritsleting jaket benar-benar menutup sekitar laptop seperti pengikat (juga memiliki ritsleting untuk port akses kembali). Ada beberapa model yang lebih mahal dari jaket laptop dimaksudkan untuk digunakan dalam kondisi ekstrim, dan mereka memiliki cukup pelapis untuk melindungi terhadap penurunan moderat.
  20. Beberapa mesin tablet tidak memiliki keyboard untuk tumpah ke (atau istirahat), dan datang dengan pelindung karet untuk melindungi pelabuhan. Anda masih dapat menumpahkan cairan ke dalamnya, Anda hanya akan memiliki waktu yang sulit melakukannya.
  21. Anda bisa mempertimbangkan 'notebook ruggedized' yang cair dan bukti shock jika Anda rentan terhadap kecelakaan

Peringatan

  1. Cobalah mengubah iWhatever Anda lakukan, jangan daya laptop Anda untuk memeriksa apakah semuanya baik-baik saja. Berikan laptop setidaknya 24 jam untuk benar-benar kering sendiri sebelum mencoba apapun power on sama sekali.
  2. Air dan listrik tidak mencampur! Pastikan semua daya mati atau dinonaktifkan sepenuhnya.
  3. Bahkan "bersih" air keran dapat merusak elektronik karena mengandung mineral dan bahan kimia tambahan, termasuk klorin, sebuah oksidator kuat dan pemutih.
  4. Banyak, jika tidak kebanyakan, laptop berisi baterai CMOS yang terus-menerus memberikan sejumlah kecil kekuatan untuk laptop. Bahkan sejumlah kecil daya mungkin lebih dari cukup untuk menyebabkan arus pendek. Mungkin akan lebih baik untuk menghapus baterai (terlihat seperti baterai jam), sesegera mungkin, setelah tumpahan. Catatan, meskipun, bahwa ini akan menghapus semua modifikasi pengaturan BIOS.
  5. Jika Anda memilih untuk membiarkan tumpahan kering tanpa membersihkan, harus menyadari bahwa setiap asam ini perlahan-lahan akan "memakan" papan sirkuit, sampai perangkat gagal.
  6. Membuka casing akan membatalkan garansi. Namun, menumpahkan cairan asam ke dalam perangkat mungkin sudah melakukan itu pula, sebagai jaminan sedikit menutupi kerusakan seperti inSebuah adaptor AC sangat direndam akan perlu diganti.
  7. Pelarut organik bisa berbahaya dan bahkan ledakan. Gunakan hanya dalam lingkungan yang berventilasi baik dengan peralatan pelindung yang benar pribadi, seperti sarung tangan dan respirator pelarut organik
 Yang Anda butuhkan
 
  1.  Deionisasi atau 'reverse osmosis disaring' air atau isopropil alkohol 
  2. Berbagai kecil obeng
  3. Kantong plastik untuk menahan bagian-bagian kecil dan sekrup
  4. Kertas handuk, sikat gigi yang lembut dan bersih penyeka kapas
 
 

0 komentar: